asalamualaikum wr wb

SELAMAT DATANG :)
salam ukhuwa..
terimakasih sudah mampir ke blog saya, disni saya akan berbagi tentang ilmu2 & informasi yg insyaallah bermanfaat buat kita smua, dsini kalian boleh share atau berkomentar..

Sabtu, 04 Juni 2011

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan

Meski berukuran kecil, tapi ternyata jeruk nipis memiliki manfaat yang tidak "kecil" lho! Ada banyak khasiat yang bisa didapat dari buah asam ini. Mungkin selama ini banyak orang mengira kalau jeruk nipis hanya berguna untuk menghilangkan bau amis, atau campuran penyedap makanan. Hmm, jangan salah! Buah ini juga punya banyak manfaat untuk kecantikan dan kesehatan. Ingin tahu manfaat dari buah yang banyak air dan vitamin C yang tinggi ini? Yuk, cari tahu disini:

  • Air yang berasal dari daging buah ini dikenal sanggup membuat pori-pori mengecil serta merapatkannya. Ia juga mampu menghilangkan kelebihan lemak pada jenis kulit berminyak. Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan daging jeruk nipis pada kulit wajah. Terutama di daerah sekitar hidung dan pipi yang pori-porinya terlihat besar.
  • Jeruk nipis berkhasiat untuk memutihkan dan menghaluskan kulit. Caranya adalah dengan mengusapkan potongan jeruk nipis pada wajah dan kulit bagian tubuh lainnya yang terlihat kusam atau kasar. Niscaya kulit kamu akan menjadi lebih putih dan lebih halus.
  • Sehabis Melahirkan. Satu sendok makan kapur sirih ditambah 2 sendok makan minyak kayu putih dan 2 butir perasan jeruk nipis kampung, di aduk sampai rata, balurkan pada perut. Lakukan selama 3 bulan tiap hari sehabis mandi agar perut terhindar dari keriput, tetap halus dan kempis seperti sediakala.
  • Untuk jenis rambut berminyak yang biasanya cepat kotor, cucilah dengan air hangat yang telah dicampur perasan air jeruk nipis. Hasilnya selain tak cepat kotor, rambut akan menjadi lebih halus dan lembut kemilau. Untuk menghilangkan ketombe gunakan air perasan jeruk nipis pada kulit kepala. Biarkan kering selama 20 sampai 30 menit, lalu dikeramas. Lakukan dua sampai tiga kali.
  • Selain untuk kecantikan, jeruk nipis juga berguna sebagai sarana relaksasi. Ketegangan pada otot tangan, kaki ataupun bagian-bagian tubuh lainnya bisa dikurangi dengan menggosokkan bagian yang pegal dengan  perasan jeruk nipis plus sedikit air. Atau bisa juga dengan merendam bagian yang pegal di air perasan buah jeruk yang telah ditambah air hangat di dalam ember kecil. 
  • Bagi yang punya masalah dengan bau badan, maka terapi jeruk nipis patut juga dicoba. Caranya adalah potong jeruk nipis yang cukup besar menjadi 2 bagian, olesi bagian irisan dengan kapur sirih tipis-tipis. Oleskan ke ketiak setelah mandi, biarkan selama 5 menit lalu bilas, lakukan tiap pagi dan sore.
  • Bagi yang ingin terlihat ramping, khasiat jeruk nipis juga dapat dicoba. Setiap pagi, siang dan malam, cobalah minum perasan air jeruk nipis dengan campuran air dan sedikit gula. Dengan cara ini, kerampingan kamu akan terjaga.


 Follow Twitter Natur E di @mybeautyjourney :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar